Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur - Menurut Wikipedia.org insomnia ialah tanda-tanda kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional ketika bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akhir adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, pinjaman medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia ialah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan perkiraan yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk sanggup beristirahat. Semua obat sedatif mempunyai potensi untuk mengakibatkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak sanggup tidur tanpa obat tersebut.

Nah ketergantungan terhadap obat-obatan kimia yang dipakai untuk mengatasi insomnia atau susah tidur tentunya sangat berdampak jelek untuk kesehatan. Berikut adalh tips & cara alami untuk mengatasi insomnia atau susah tidur.

Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Cara Alami Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Berolah Raga
Olah raga merupakan obat dari segala macam penyakit atau pencegah dari segala macam penyakit. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati suatu penyakit. Dengan berolah raga secara teratur akan melancarkan sistem peredaran darah di tubuh dan menciptakan tubuh kita sehat. Jika kita sehat maka insomnia  sanggup kita atasi dengan mudah.

Hindari Makanan / Minuman Stimulan
Teh manis, kopi, alkohol, rokok atau makanan lain yang sanggup mengakibatkan rasa kantuk anda menghilang. Kandungan bahan-bahan diatas merupakan stimulan yang menciptakan anda terjaga dan menghilangkan rasa kantuk, untuk itu hindari untuk berhenti merokok, minuman keras, kopi atau stimulan lain. Hindari juga makan yang terlalu banyak ketika akan menjelang tidur. Makanan yang banyak menciptakan sistem pencernaan akan tetap bekerja sehingga anda kehilangan rasa kantuk. Anda sanggup makan sedikit karbohidrat dan segelas susu hangat akan membantu rasa kantuk anda datang.

Atur Pola Tidur
Gangguan susah tidur juga sanggup disebabkan oleh pola tidur kita yang tidak baik, sebagai teladan saja anda kebanyakan tidur di siang hari sehingga ketika malam yang seharusnya anda gunakan untuk tidur anda malah tidak sanggup tidur. Dan bila terbiasa tidur siang dan begadang malam itu akan merusak pola tidur anda. Waktu istirahat yang baik ialah 8 jam sehari. Biasakan untuk istirahat malam sehingga pagi harinya anda berdiri dengan segar. Kurang istirahat sanggup menimbulkan rasa malas. Jangan menonton tv, membaca atau aktifitas lain yang mengganggu waktu tidur anda. Atur pola tidur anda dengan benar jangan kacaukan agenda tidur anda.

Hindari Tekanan Pikiran Atau Stress
Tekanan pikiran atau stress juga menciptakan anda kehilangan rasa kantuk. Tenangkan pikiran anda dengan meditasi maka pikiran anda akan rileks dan mengantuk, bauang jauh jauh pikiran yang sanggup menekan pikiran atau anda sanggup mandi sebelum tidur lantaran mempunyai imbas melemaskan otot yang tegang, membersihkan tubuh anda dengan sendirinya anda akan merasa nyaman, pikiran rileks dan anda akan mengantuk. Atau anda sanggup mendengarkan musik yang lembut yang disukai dengan sedikit wewangian dan cahaya yang redup untuk membantu anda tidur.

Lingkunga Bersih Dan Nyaman
Jaga kebersihan daerah dimana anda akan tidur yaitu kamar, dengan suasana yang higienis dan nyaman anda akan merasa mengantuk dan tertidur. Matikan lampu bila diperlukan. Gunakan kamar anda hanya untuk tidur, keluarkan barang menyerupai komputer, tv, buku atau barang lain yang sanggup menciptakan anda melaksanakan aktifitas lain dikamar menyerupai bekerja, membaca dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel